10 Prinsip Spiritual Parenting

Judul : 10 Prinsip Spiritual Parenting
Penulis : Mimi Doe dan Marsha walch
Halaman : 326
Penerbit : Kaifa (Mizan), 2001

Humanisme, di mana sesama manusia saling memberi manfaat, saling menghargai, saling bersikap peduli, kian lama kian merosot kuantitas dan kualitasnya. Bagaimana mengembalikan nilai-nilai spiritualitas berdimensi sosial itu pada masyarakat kita hari ini, buku 10 Prinsip spiritual Parenting membantu kita memperoleh inspirasi yang menarik untuk memulainya dari rumah.

Mimi Doe dan Marsha Walch mengajak pembaca untuk mengambil sari pati nilai spiritual dalam konteks keseharian. Berawal dari pembentukan kebiasaan-kebiasaan baik di dalam keluarga, lewat keterlibatan orang tua-anak, lewat tafakur-tafakur harian tentang segala sesuatu yang terjadi di sekeliling kita, kedua penulis ini meyakini bahwa akan banyak terjadi hal-hal yang menakjubkan.

Selain banyak contoh kegiatan praktis yang bisa dilakukan bersama anak-anak untuk menambah kepekaan spiritual, buku ini juga menggambarkan dengan begitu terperinci tentang contoh-contoh perlakukan sederhana pada anak-anak yang membuat mereka terdorong untuk menjadi lebih baik, termotivasi untuk maju, dan peduli pada kehidupan di sekelilingnya.

Penulis mencoba memaparkan berbagai contoh kegiatan fisik yang membangun ‘jiwa’ anak menjadi lebih kaya. Misalnya saja dengan memberi anak-anak ruang untuk berekspresi, mengosongkan kardus-kardus untuk dipakai anak-anak bermain dengan aneka boneka kertas, mainan bekas, atau apapun yang ingin mereka mainkan. Hal itu akan mengajarkan pada anak-anak tentang kepedulian, berbagi, dan memperi kesempatan.

Dengan sangat teliti, kedua penulis juga menyarankan tentang pentingkan menanamkan keterikatan anak-anak pada Tuhannya, melatih mereka dalam memilih kata-kata, membimbing mereka untuk mampu mengungkapkan pikiran mereka dengan jelas, dan mengajak anak-anak bersyukur atas karunia Tuhan, betapapun kecilnya.

Buku setebal 326 halaman ini sangat nyaman dibaca di mana saja. Bahasa yang mudah dicerna memudahkan pembaca untuk memahami. Gaya bertutur yang alami membuat kita tidak mudah bosan untuk membacanya, dan kisah-kisah inspiratifnya bisa membuat kita banyak melakukan kontemplasi. Benar-benar buku yang penting dibaca oleh para orang tua, guru, atau siapapun yang hidup bersama anak-anak dan berinteraksi dengan mereka.

Tampak sekali dalam buku ini, bagaimana semua harus bermula dari orang tua (orang dewasa). Dalam salah satu alinea tertulis:

“Jika kita berubah, anak-anak kita berubah, dan ketika anak-anak berubah, dunia di sekitar mereka juga berubah. Satu langkah menuju cahaya menimbulkan satu riak pengaruh yang baik” (Mimi Doe & Marsha).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *