Mengenal Flashcard

[show_wp_shopping_cart]

Flashcard. Banyak orang tua pasti sudah sering mendengar kata ini. Kumpulan kartu yang berisi kata atau kombinasi kata dan gambar. Berguna sebagai media belajar membaca dan juga mengenal bentuk, benda, hewan, matematika, jenis aktivitas, profesi, dan lain sebagainya.

Pada awal dikenalnya flashcard di Indonesia, harga kartu jadi sejenis ini dibandrol cukup mahal. Bisa sampai jutaan. Namun kini, flashcards dengan beragam variasinya sudah bisa diperoleh di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Sekitar 50 ribu-an per 100 atau 80 kartu.

Bagaimana Menggunakan Flashcard

Menilik sejarahnya, flashcard bermula dari projek seorang dokter bedah otak bernama Glenn Doman. Bersama timnya ia mencobakan satu metode yang tak biasa dalam memulihkan kembali anak-anak yang mengalami cedera otak di luar proses pembedahan.

Caranya, dengan memperlihatkan pada anak-anak tersebut kata dalam sebuah kartu secara cepat (kurang lebih 1 detik per kata). Jumlah kartu yang diperlihatkan dibatasi hanya 5 untuk setiap kali proses penyajian. Itulah mungkin alasan, mengapa kartu-kartu itu dinamakan flashcard (kartu kilat).

Secara signifikan, ternyata therapy itu membuah hasil. Berangsur-angsur, anak-anak yang mengalami cedera otak itu terus meningkat kesembuhannya dan sekaligus juga jadi bisa membaca.

Jadi, pada awalnya flashcard tidak secara sengaja diperuntukkan untuk mengajar membaca. Justru dari hasil therapy itulah kemudian Glenn Doman menyimpulkan, dengan metode tersebut anak-anak yang cedera otaknya ternyata jadi sembuh dan bahkan bisa membaca, maka ia bisa membayangkan tentu jauh lebih hebat dampaknya jika anak-anak yang sehat pun diberikan stimulasi yang sama.

Maka kemudian Glenn Doman membuat model flashcard untuk menstimulasi kemampuan matematika, yang juga menampakkan hasil gemilang. Dan kini, model flashcard makin beragam, dikembangkan oleh beberapa orang tak hanya untuk mengenalkan kata-kata, tapi juga banyak hal termasuk gambar, bentuk, dan pengetahuan yang jauh lebih tinggi tingkat kesulitannya.

Membuat Flashcards Sendiri

Hanya dengan memanfaatkan kertas tebal concord 220 gram, sebenarnya Anda bisa membuat flashcard sendiri (tapi hanya falshcards kata-TANPA gambar). Anda bisa mempergunakan flashcard maker secara online, lalu download, print, dan gunting sendiri sesuai ukuran kertas yang dikehendaki.

Membuat Flashcard Menjadi Efektif

Supaya flashcard efektif untuk belajar, baik untuk belajar membaca, mengenal bentuk/benda, ataupun matematika, sangat dipengaruhi oleh sensasi belajar yang dimunculkan orang tua. Flashcard hanyalah sebuah media, sama seperti banyak alat atau media belajar lainnya. Peran pengajar dan cara mengajar-lah yang lebih menentukan keberhasilan.

Ingin tahu bagaimana membuat anak-anak senang belajar membaca, apapun medianya? Kami sajikan tutorialnya dalam sebuah ebook yang bisa Anda beli di sini atau jika anda mau beli dengan kartu kredit atau paypal, klik tombol dibawah ini:

[wp_cart:Ebook Belajar Membaca:price:5.5:end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *