Preschool 4554206 1920

Kekuatan Tersembunyi dari Belajar Online bagi Anak-Anak

Pandemi tahun 2020  telah banyak mengubah kebiasaan sebagian besar orang, tak hanya cara belanja namun juga  cara belajar. Pembelajaran online menjadi makanan sehari-hari bagi anak hingga orang dewasa. Tak heran, anak-anak kini menjadi sangat mahir melakukan kegiatan belajar digital secara live melalui zoom atau google meet,  bersama guru yang berbeda kota dan bahkan berbeda negara.

Hal yang menarik, pembelajaran online ternyata memiliki kekuatan tersendiri yang mungkin tidak terprediksi sebelumnya. Walaupun belajar dalam satu kelas dengan banyak anak, namun, anak-anak ternyata bisa lebih fokus terhadap materi. Kemungkinan, hal itu  karena secara fisik, mereka belajar secara individual. Sementara itu, jika belajar dilakukan secara offline, anak-anak bisa berinteraksi secara fisik dengan bebas, dan karena interaksi itulah biasanya sebagian besar anak menjadi kurang fokus.

TK Online

Dan setelah pandemi berlalu, rupanya  tren belajar online tidak begitu saja berakhir. Kini justru hadir inovasi, di mana  Taman Kanak-Kanak (TK) juga dikemas dalam format online. Salah satu Taman Kanak-Kanak yang menawarkan konsep  TK online  adalah Kindergarten Albata.

TK Albata didirikan tahun 2019, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Albata. Selain berbasis online, Kindergarten Albata juga tetap memiliki kelas offline yang beroperasi sebagaimana TK pada umumnya.

BACA JUGA:   Membuat Anak Suka Membaca

Kurikulum yang digunakan oleh TK Albata diadopsi dari metode Montessori, namun dengan muatan Islami yang dirancang komprehensif, terdiri atas beberapa materi penting, seperti: tauhid, adab dan akhlak, fiqih, tartil Quran, dan tahfidz (hafalan Quran).

Target usia peserta didik yang diterima Kindergarten Albata antara 3-6 tahun. Mindset yang ingin ditularkan kepada anak-anak adalah bahwa belajar itu menyenangkan dan bukan tekanan.

Kurikulum Montessori sendiri dominan mengasah keterampilan anak melalui kegiatan keseharian, stimulasi sensor motorik , matematika, bahasa, dan budaya. Beberapa TK juga mulai mengadopsi kurikulum tersebut, karena terbukti efektivitasnya dalam mengembangkan kecerdasan anak secara komprehensif. Dan Kindergarten Albata adalah salah satu dari  TK Montessori yang memadukan kurikulum Montessori  dengan unsur-unsur agama Islam.

TK online Albata juga menggunakan konsep pembelajaran trilingual (bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab) dalam proses belajarnya. Merujuk kepada penjelasan di dalam situs resminya, TK Online Albata memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

1. Sesuai Quran dan Sunnah
2. Pembelajaran Fun Learning mengadopsi metode montessori
3. Pengajaran terbaik, maksimal 15 murid dalam 1 kelas dengan 2 guru
4. Pengajar (ustadzah) terbaik, di seleksi dari universitas ternama
5. Bahan belajar/learning kit lengkap, dikirim ke rumah tiap bulan

Belajar Fleksibel

Walaupun mungkin masih perlu penelitian panjang tentang efektifitas belajar online untuk level Taman Kanak-Kanak, namun secara konsep belajar online hari ini dan ke depan akan menjadi salah satu pilihan yang menarik. Bukan hanya soal jarak guru dan murid yang fleksibel, namun belajar online juga membuat waktu dan jenis pelajaran bisa sangat fleksibel.

Setiap anak bisa terhubung dan belajar dari guru-guru hebat dan terbaik di luar daerahnya. Dengan cara itu, kualitas pendidikan dan pengajaran diharapkan bisa menjadi  lebih merata.

 

x

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *